Kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Metode Pembelajaran dan Finalisasi RPS OBE Program Studi S1 Teknik Mesin, dilaksanakan secara tatap muka pada tanggal 6-8 Agustus 2022 dengan mengundang fasilitator dari LP3M yaitu Dra.Hari Sulistiyowati, M.Sc., Ph.D. Workshop dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Grand Padis Bondowoso, dengan rincian kegiatan hari pertama tentang metode pembelajaran Kurikulum OBE dan pendampingan penyusunan RPS Kurikulum OBE, hari kedua digunakan untuk tugas mandiri penyusunan RPS Kurikulum OBE masing-masing dosen, dan hari ketiga digunakan untuk konsultasi penyusunan perangkat pembelajaran (RPS) kurikulum OBE dan pengumpulan RPS Kurikulum OBE. Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Penyusun Kurikulum OBE dari Program Studi Sarjana Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Jember dan Dosen-dosen di Jurusan Teknik Mesin.
Kegiatan yang telah terselenggara menghasilkan beberapa capaian yang dibutuhkan oleh Program Studi. Terdapat penyesuaian kembali tentang Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi S1 Teknik Mesin, sebagai berikut.
Visi
Menjadi program studi yang unggul secara global dalam pengembangan teknologi rekayasa mekanikal bagi kesejahteraan manusia yang berwawasan lingkungan.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan teknik mesin yang berkualitas, produktif, akuntabel, dan berorientasi global
- Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan sains dan teknologi rekayasa mekanikal yang kreatif dan inovatif bagi kesejahteraan manusia yang berwawasan lingkungan
- Memberdayakan masyarakat dengan menerapkan hasil penelitian teknologi rekayasa mekanikal khususnya teknologi tepat guna
- Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders dalam bidang keteknikmesinan
Tujuan Pendidikan Program Studi adalah menghasilkan lulusan :
- Memiliki sikap disiplin, tanggung jawab, beretika dan profesional dalam menjalankan tugas yang dibebankan
- Mampu bekerja dan belajar mandiri, mengembangkan pengetahuan teknologi rekayasa mekanikal dan selalu ingin belajar sepanjang hayat
- Mampu memimpin dan bekerja dalam tim dalam bidang teknologi rekayasa mekanikal yang dipilihnya serta memiliki jiwa kewirausahaan
- Memiliki kemampuan merancang, mewujudkan, menganalisis, dan mengembangkan sistem maupun produk teknologi rekayasa mekanikal yang berwawasan lingkungan
Tujuan program studi dikodekan kedalam beberapa kode, sebagaimana ditunjukkan pada tabel di bawah ini.
Tabel 1. Tujuan Pendidikan Program Studi dalam beberapa kode
No. | Kode Tujuan Pendidikan Program Studi | Deskripsi Tujuan Pendidikan Program Studi |
1 | TP1 | Mampu memecahkan permasalahan keteknikan di bidang rekayasa mekanikal (mekanika, energi,
material dan manufaktur) |
2 | TP2 | Wirausahawan yang mandiri, memiliki jiwa kepemimpinan dan manajemen untuk menghasilkan inovasi dan/atau bisnis berbasis teknologi yang
berwawasan lingkungan |
3 | TP3 | Memiliki kemampuan dalam manejerial dan
pengawas proyek di bidang keteknikan |
4 | TP4 | Peneliti yang memiliki etika ilmiah dan dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan desain mekanikal, konversi energi, material , dan
manufaktur |
Tabel 2. Capaian Pembelajaran Lulusan dan Indikator
No. | Deskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) | Indikator | |
SIKAP | |||
S1 | Mahasiswa mampu menginternalisasi sikap taqwa kepada Tuhan YME dan cinta tanah air [1] | 1A | Mampu menunjukkan sikap jujur dan disiplin |
1B | Mampu menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar | ||
S2 | Mampu untuk bertanggung jawab kepada masyarakat, mematuhi etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan keteknikmesinan [2] | 2A | Mampu menunjukkan tanggungjawab dalam menyelesaikan tugas yang dibebankan |
2B | Mampu menunjukkan integritas moral dalam menyelesaikan permasalahan keteknikmesinan | ||
PENGETAHUAN | |||
P1 | Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains, teknologi informasi dan keteknikan untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikmesinan yang berwawasan lingkungan dan berorientasi global [3] | 3a | Mampu menjelaskan pengetahuan matematika, sains, teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip keteknikmesinan yang berwawasan lingkungan dan berorientasi global. |
3b | Mampu menerapkan pengetahuan dibidang matematika, sains, teknologi informasi dan keteknikkan untuk memahami prinsip-prinsip keteknikmesinan yang berwawasan lingkungan dan berorientasi global. . | ||
P2 | Mampu menganalisis kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan [4] | 4a | Mampu mengidentifikasi kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan. |
4b | Mampu menganalisis kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan. | ||
KETRAMPILAN UMUM | |||
KU1 | Mampu bekerja dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya [5] | 5a | Mampu melaksanakan aktivitas dalam tim lintas disiplin dan lintas budaya |
5b | Mampu menyusun laporan hasil kerjasama tim secara terstruktur dan komprehensif. |
||
KU2 | Mampu menyelesaikan permasalahan teknologi rekayasa mekanikal secara terstruktur dan komprehensif [6] | 6a | Mampu mengklasifikasikan permasalahan teknologi rekayasa mekanikal berdasarkan optimasi dan efisiensi proses |
6b | Mampu menyelesaikan permasalahan teknologi rekayasa mekanikal secara terstruktur dan komprehensif | ||
KU3 | Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan, tulisan dan/atau gambar untuk menyampaikan proses keteknikmesinan dengan baik sesuai standar [7] | 7a | Mampu membuat tulisan dan/atau gambar untuk menyampaikan proses keteknikmesinan sesuai standar |
7b | Mampu mempresentasikan secara lisan untuk menyampaikan proses keteknikmesinan dengan baik dan efektif. | ||
KETRAMPILAN KHUSUS | |||
KK1 | Mampu untuk melakukan investigasi terhadap masalah teknologi rekayasa mekanikal yang kompleks dengan menggunakan pengetahuan berbasis metode penelitian termasuk desain eksperimen, analisis dan interpretasi data, dan sintesis informasi untuk memberikan kesimpulan yang valid [8] | 8a | Mampu menggunakan pengetahuan berbasis metode penelitian untuk melakukan investigasi terhadap masalah teknologi rekayasa mekanikal yang kompleks . |
8b | Mampu menyusun desain, eksperimen,interpretasi data, analisis, dan sintesis informasi untuk memberikan kesimpulan yang valid | ||
KK2 | Mampu mendesain komponen,metode atau sistem piranti teknik modern maupun proses berdasar teknologi rekayasa mekanikal untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis, untuk mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional yang berwawasan lingkungan [9] | 9a | Mampu mengenali dan/atau memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional yang berwawasan lingkungan |
9b | Mampu mendesain komponen,metode atau sistem dengan memanfaatkan piranti teknik modern maupun proses berdasar teknologi rekayasa mekanikal untuk memenuhi kebutuhan yang diharapkan di dalam batasan-batasan realistis | ||
KK3 | Mampu menggunakan sumber daya, teknik dan teknologi informasi terbaru untuk desain, analisis dan simulasi perkakas modern di bidang rekayasa mekanikal [10] | 10a | Mampu menggunakan sumber daya, teknik dan teknologi informasi terbaru |
10b | Mampu membuat desain,simulasi dan analisis perkakas modern di bidang rekayasa mekanikal |